Berita

Diklat Manajemen Pandu Gempita Kabupaten Sukamara

oleh : Hendri K.

Pelayanan multi sektor dalam satu pintu merupakan suatu keniscayaan, mengingat kompleksitas permasalahan kesejahteraan sosial di Indonesia semakin berkembang dan diperlukan suatu terobosan program yang cepat, tepat dan menyeluruh.



Banjarmasin (24/9/2015). Selama kurang lebih sepekan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional IV Kalimantan telah menyelenggarakan Diklat Manajemen Pandu Gempita Kabupaten Sukamara. Diklat dimaksud dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 23 September 2015.

Sebagai tindak lanjut dari Meet of Understanding (MoU) antara Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial melalui BBPPKS Regional IV Kalimantan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukamara pada tahun 2014 menghasilkan beberapa kesepakan kerjasama penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Salah satu nota kesepakatan tersebut yaitu membangun kebijakan sistem layanan dan rujukan terpadu bagi pelayanan kesejahteraan sosial melalui Mekanisme Pelayanan Terpadu Gerakan Masyarakat Peduli Kabupaten/Kota Sejahteran atau yang dikenal dengan Pandu Gempita.

Diklat Manajemen Pandu Gempita bagi Kabupaten Sukamara merupakan bentuk inisiasi pengembangan SDM kesejahteraan sosial, dengan melibatkan sebanyak 30 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Pemerintah (TKSP) dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Beberapa SKPD yang dilibatkan yaitu Dinsosnakertrans Kabupaten Sukamara, Dikpora Kabupaten Sukamara berikut UPTD kecamatan terkait, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara, Rumah Sakit, Puskesmas, dan beberapa perwakilan dari pihak Kecamatan dan Kelurahan/Desa.

Salah satuwujudimplementasidariPanduGempitaadalahterbentuknyalembaga yang mampumemberikanpelayansecaraterpadubagimasyarakat. Keterpaduandidasarkanolehprinsipkeadilanuntuksemua yang memenuhihakdasarwargamiskindan/ataumengalamimasalahsosial.Pelayanansosialterpadudalam hal ini yang bersifat berkelanjutan(one stop services); menjangkauseluruhwarga yang mengalamimasalahsosial(universal approach);sistemdan program kesejahteraansosial yang melembagadanprofesional; mengedepankanperandantanggungjawabkeluargasertamasyarakat